- Books

Manjali dan Cakrabirawa #2020

Manjali dan Cakrabirawa Setelah melahirkan tiga novel bestseller yakni Bilangan Fu Saman dan Larung Ayu Utami mengeluarkan novel keempat berjudul Manjali dan Cakrabirawa Novel ini merupakan kelanjutan novel Bilangan FuSe

  • Title: Manjali dan Cakrabirawa
  • Author: Ayu Utami
  • ISBN: 9789799102607
  • Page: 197
  • Format: Paperback
  • Manjali dan Cakrabirawa By Ayu Utami, Setelah melahirkan tiga novel bestseller, yakni Bilangan Fu, Saman, dan Larung, Ayu Utami mengeluarkan novel keempat berjudul Manjali dan Cakrabirawa Novel ini merupakan kelanjutan novel Bilangan FuSerial ini mengisahkan petualangan Marja, Yuda, dan Parang Jati menghadapi berbagai misteri lokal di Nusantara Sementara Bilangan Fu mengangkat tema alam gaib di kawasan PaciSetelah melahirkan tiga novel bestseller, yakni Bilangan Fu, Saman, dan Larung, Ayu Utami mengeluarkan novel keempat berjudul Manjali dan Cakrabirawa Novel ini merupakan kelanjutan novel Bilangan FuSerial ini mengisahkan petualangan Marja, Yuda, dan Parang Jati menghadapi berbagai misteri lokal di Nusantara Sementara Bilangan Fu mengangkat tema alam gaib di kawasan Pacitan, kini Manjali dan Cakrabirawa menyingkap misteri yang tersembunyi di salah satu candi di sekitar perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur dan kaitannya dengan pembunuhan massal di fajar kekuasaan Orde Baru.

    • [KINDLE] ✓ Free Read ↠ Manjali dan Cakrabirawa : by Ayu Utami ✓
      197 Ayu Utami
    • thumbnail Title: [KINDLE] ✓ Free Read ↠ Manjali dan Cakrabirawa : by Ayu Utami ✓
      Posted by:Ayu Utami
      Published :2019-05-14T06:21:19+00:00

    1 thought on “Manjali dan Cakrabirawa

    1. Haduh, kenapa ya dengan novel ini Bacanya jadi capek karena kisah gak mengalir menurut saya loh, kalau menurut anda baik baik saja ya sudah Saat membaca serasa terantuk antuk batu kali, trus pindah situasi ke gurun gersang, trus pindah lagi ke perkampungan padat penduduk banyak isinya, banyak macamnya, terlihat padat, saling terkait, tapi teteeep penggambaran situasinya koq ya gak mengena beda dengan Bilangan Fu yang ngajak kita jalan jalan dengan asik bersama tokoh cerita dan sempet bikin bulu [...]

    2. Membaca buku Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami dengan tokoh utama Marja gadis 19 tahun, membuat saya teringat dengan diri pada usia yang sama.Gadis daerah, berkiblat pada sesuatu yang moderen kota besar, Jakarta, luar negeri Itulah rasanya yang juga menjadi alasan saya memilih jurusan arsitektur, terpesona dengan bangunan tinggi yang tak ada di kota tempat tinggal saya Seperti remaja kebanyakan saat itu Saya buta dan tidak peduli dengan sejarah Apalagi candi candi karena saya lahir dan bes [...]

    3. Saya bukan penulis profesional Saya juga bukan pembaca yang terlalu rajin Jadi, pengetahuan saya masih sangat dangkal dibanding penulis penulis yang mungkin telah menerbitkan buku buku bestseller.Namun, sebagai orang yang takterlalu paham, saya merasa ada yang janggal saat selesai membaca Manjali dan Cakrabirawa karya Ayu Utami Saya merasa ada yang kurang matang dan terdapat kesan terburu buru Saya tidak tahu bagaimana proses penulisannya Akan tetapi, selesai membaca buku tersebut saya merasa se [...]

    4. Books 75 2016 4 dari 5 bintang Astagaa saya jatuh cinta pada novel sekuel ini ketimbang buku pertamanya Bilangan Fu Saya suka segala aspek dalam buku ini mulai dari cerita candi candi jawa tengah dan jawa timur, Kisah Candi Calwanarang dan Calon arang yang mengingatkan saya akan novel Cerita Calon Arang oleh Pramoedya Ananta Toer Kisah dilema konflik batin antara Parang jati, Marja dan Yuda Jangan lupakan kisah Mahabharata dan Ramayana yang sangat kental dibuku ini Didalam buku ini juga dikisahk [...]

    5. 2010 65 Seandainya aku Marja Manjali, pasti aku jatuh cinta pada Parang Jati.Ingin ia menyaksikan mata bidadari yang terbuka untuk dijelajahi Inilah perbedaan Parang Jati dengan lelaki lain matanya tidak menjelajahi tubuhmu Matanya tidak menjelmakan kau seonggok obyek Matanya berkata kepadamu bahwa di dalam sana ada rasi rasi bintang Jelajahilah Alamilah h.118 Marja Aku akan merasa aman dan beruntung berada dekat Parang Jati, yang dipercaya kekasihku untuk menjagaku Perjalanan yang dilakukan ber [...]

    6. Sebenarnya sehabis selesai baca Bilangan Fu , ingin baca buku non sastra, tapi iseng iseng mencoba ngintip halaman pertama Manjali dan Cakrabirawa ini dan jrengjreng ini tulisannya Tuhan.Itu adalah hari ketika Marja melihat mata malaikat pada paras sahabatnya.Setelah itu tak bisa menaruh buku ini lagi sampai sepuluh jam kemudian Mungkin juga ini soal selera Saya memang selalu suka roman yang diselingi kisah misteri teka teki atau cerita misteri teka teki yang diselingi kisah roman Karena keduany [...]

    7. Sekitar tahun 2000, saya dengan berbekal kamera Pentax MX pernah mendaki Gunung Penanggungan Ditemani oleh beberapa rekan, rencananya kami akan mendokumentasikan artefak candi yang memang berceceran di gunung itu Kami menginap di lokasi candi pertama yang kami temui Sayangnya, saya sudah lupa nama candi itu Cuma saya ingat, di lokasi candi itu terdapat makamnya Pengalaman saya ini muncul kembali begitu saya membuka lembar lembar pertama Novel Manjali dan Cakrabirawa ini Apakah candi yang saya ja [...]

    8. it s funny how the story went a bit flat at the end too flat somehow everything become too obvious in the middle and it s not a riddle thing any i enjoy saman, the first few chapters of larung and bilangan fu but somehow i m a bit lost with this book somehow ayu lost the intensity of her writing it s way lighter reading compare to her past works, but yeah, i do feel a bit lost it s too regular stories to my taste or is it just me because all the issues she s trying to carry in this novel are all [...]

    9. Tentang rahasia, misteri, dan teka teki yang melingkupi perjalanan Marja, Parang Jati, dan Jacques dalam penggalian candi baru yang dijuluki Candi Calwanarang Tentang cinta segitiga yang tumbuh dengan cepat dan pasti, antara Marja dan Parang Jati, sementara Yuda, kekasih resmi Marja sedang berada di tempat berbeda Pada akhirnya, ini juga bercerita tentang pengkhianatan dan pertemuan kembali Jika kebetulan terjadi terlalu banyak, apakah artinya Tentu saja, itu berarti ada tangan penulis yang mera [...]

    10. Akhirnya selesai dibaca Huaaa Setelah terseok seok dan berdarah darah merampungkannya Duh, kapok baca buku seri Bilangan Fu ini Saya tadinya niat baca Maya dan Lalita, tapi kok kayaknya berubah pikiran ya setelah baca Manjali ini Menguras otak banget Saya ngasih bintang dua bukan karena jelek Enggak Ayu Utami buagus banget menceritakannya Bahkan banyak pikiran pikiran yang saya iyakan Tapi, topik yang dibahas nggak masuk ke otak saya Jadi saya nyerah Hehehe Atau saya semestinya tidak memberikan [...]

    11. Kamu akan menemukan perbedaan tentang candi candi yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur disini Dengan arca dan reliefnya Seperti candi di Jawa Tengah yang megah Borobudur, Prambanan, maupun Sewu yang cenderung digunakan untuk berdoa kepada dewa dan candi candi kecil di Jawa Timur yang lebih menyerupai sebuah makam keluarga.

    12. Pertama kali liat covernya hm,,bagus juga lukisan sepertinya sedang in dijadikan cover yah eh ternyata Ayu Utami sendiri yang melukis,,,mulai dicermati dengan seksama kok ada tulisan seri bilangan Fu di pojok kanan atas pertanyaan itu terjawab di back cover Seri Bilangan Fu adalah seri novel dengan tokoh utama Marja, si gadis kota yang ringan hati, dan dua pemuda, Yuda dan Parang Jati Ketiganya adalah karakter utama novel besar Bilangan Fu Jika Bilangan Fu lebih filosofis, seri roman ini lebih m [...]

    13. Buat saya, buku ini adalah sesuatu yang spektakuler, karena apa yang tertulis di dalamnya jauh di luar batas kemampuan dan pengetahuan saya Rasanya membaca kisah Marja, Parang Jati, dan Sandy Yuda ini benar2 membuka cakrawala saya tentang sebuah cerita dari masa lampau, yang bahkan selintingannya pun saya tak pernah dengar, well, kecuali tentang Raja Airlangga tentunya, tapi selain itu, seperti kisah Cakrabirawa, Manjali, dan Ratu Calwanarang, saya sama sekali buta.Bagusnya lagi, tak terlalu ban [...]

    14. Hmm, ini kelanjutan seri Bilangan Fu Tokoh utamanya masih Marja, gadis kota yang santai, manja, ceria dan dua pemuda, Sandi Yuda dan Parang Jati.Ceritanya ringan dan asik asik aja, banyak unsur budaya dan sejarah juga politik khususnya soal kisah candi candi di wilayah Jawa Tengah Jawa Timur dan peritiwa 30 Sept 1965 Yang menarik tentu saja roman cinta dan persahabatan ketiganya Marja, Yuda, Jati.Penasaran, kalau dijadiin film, kira kira siapa ya yang paling pas jadi Parang Jati Pemuda yang sela [...]

    15. Merupakan salah satu kisah yang terjadi pada rentang waktu pertengahan Bilangan Fu.Di sini, yang menjadi tokoh utama adalah Marja Beberapa hal yang tidak dikatakan di Bilangan Fu, akan diungkap di sini.Marja ditinggal kekasihnya, Sandi Yuda, selama seminggu bersama dengan Parang Jati, sahabat mereka Walaupun di mulut mengatakan sahabt, tapi sebenarnya Marja diam diam menyimpan rasa terhadap Jati Untuk mengisi waktu selama Yuda tidak ada, Jati mengajak Marja untuk ikut dalam proyek penggalian seb [...]

    16. Pertama membaca baris baris awal dalam paragraf pertama buku ini, sempat terpikir bahwa buku ini akan bercerita tentang kisah cinta Tak akan berbeda dengan cerita cerita fiksi remaja lainnya apalagi tokoh utamanya perempuan muda 19 tahun Tapi setelah membaca semakin jauh, semua pikiran lamaku hilang Dugaanku salah Buku ini memang berisi kisah cinta anak muda, tapi mereka bukan anak muda biasa yang hanya tahu hang out di mall dan ngabisin duit dengan dengan senang senang Mereka menaruh minat kepa [...]

    17. Beli dan lalu baca buku ini karena penasaran Konon satu seri dengan Bilangan Fu , yang maaf, kurang bisa saya pahami Baru setelah setengah bagian, buku ini mulai menarik Pada saat yang bersamaan, sempat baca tentang laporan kekerasan terhadap perempuan saat tragedi 1965 terbitan Komnas Perempuan Lalu malamnya nonton film Mass Grave , dokumenter lokal tentang pembongkaran kuburan massal tertuduh PKI di Wonosobo, Jawa Tengah Malamnya, baca bab 20 an novel ini Langsung dong, mimpi burukAyu Utami me [...]

    18. Berhasil menyelesaikannya dlm hitungan hari, setidaknya lebih baik mengingat Bilangan Fu sampai sekarang belum juga kelar Padahal gw sempet bacanya dlm perjalanan doang, apa karena di buku ini ada sedikit bumbu2 percintaannya sehingga lebih mudah diterima oleh otak gw yak PMasih dengan tokoh yang sama dengan Bilangan Fu, tapi kali ini Marja mendapatkan porsi yang lebih besar untuk diceritakan Membaca cover belakang dan ceritanya yang menggantung sepertinya akan ada lagi seri2 selanjutnya dengan [...]

    19. Sejarahtak banyak orang bisa membawa materi ini dalam sebuah novel, apalagi sejarah Indonesia Sebagai warganya saja, saya tidak tahu mana yang benar dan salah Karena saya percaya salah dan benar hanyalah masalah perspektif belaka Di buku ini saya pahami kenapa harus ada perbedaan di dunia ini karena dengan adanya Sang Liyan, dengan adanya sistem alternatif, sistem yang lain, ketidaksamaan, maka kita bisa tahu bahwa sistem yang pertama bukanlah sat satunya kebenaran Sehingga menghindarkan manusia [...]

    20. Ayu tidak secerdas di Saman dan Larung Inilah masa di mana Ayu mulai memaksakan diri dengan ketelanjangannya Bukan ketelanjangan secara alami dan indah, tapi ketelanjangan yang dibuat buat dan semu sedikit munafik

    21. Salah satu buku terburuk dengan propaganda terbaik yang saya tahu.Setelah Saman, yang menyimpan kebohongan, dan heteronormatifitas dan falosentrismenya itu, Ayu Utami tampaknya mau bikin dagelan di buku ini Banyak hal yang cuma jadi tempelan, eksotisme, intelektualitas yang nanggung.

    22. Terkesan, Ayu Utami mau menjelaskan tentang cerita percandian di Indonesia, dengan gaya bahasa sastranya Tapi saya malah merasa malas baca kalau sudah terlalu membahas percandian itu.Lagi lagi saya kurang suka dengan sisipan2 doktrin bahwa hubungan di luar nikah itu sangat wajar.

    23. Dari sekian kisah ditulis ayu utami, baru kini kurasa dalam judulnya manjali dan cakrabirawa memiliki alur yang jelas nan gamblang, hal ini berbeda dalam kisah dwilogi saman dan larung terlalu banyak kelok, sarat makna tapi tak sarat cerita karenanya akan jauh menarik bagi kau kurasa membaca kisah manjali terutama bagi kau punya pacar pacarnya suka pula dengan sahabat terdekat kau nikung bahasa jahatnya.Dimana2 persahabatan terjadi kiranya pada dua makhluk bertolak belakang sifat, sikap juga tab [...]

    24. Ayu Utami, gw udah denger namanya dari dulu tapi gak pernah tertarik baca bukunya Alasan pertama karena stigma gw terhadap penulis Indonesia yang kebanyakan bikin cerita yang akhirnya mudah ditebak, setidaknya itu kesimpulan yang gw ambil setelah membaca beberapa buku dengan penulis Indonesia Dan, anggapan gw berubah setelah membaca buku Ayu Utami ini Anggapan gw emang sempit, mungkin juga karena pengetahuan gw yang memang kurang luas dan terlalu percaya diri.Sebenernya ada beberapa penulis Indo [...]

    25. Manjali dan Cakrabirawa adalah seri kedua dari serial Bilangan Fu karya Ayu Utami yang mengangkat kisah petualangan trio Parang Jati, Sandi Yuda, dan Marja Manjali Kisahnya sendiri merupakan penggalan dan perluasan dari lini masa kisah dalam novel Bilangan Fu, yakni ketika Yuda menitipkan Marja kekasihnya kepada Parang Jati Ketiganya memang sobat akrab, dan sama sekali tidak ada rasa risih menitipkan seorang pacar bagi Yuda Well, jika sudah membaca Bilangan Fu, pembaca pasti bisa maklum tentang [...]

    26. To be honest, I read Bilangan Fu series not in a normal sequence I read Manjali Cakrabirawa after I read Bilangan Fu, Lalita Maya Its quite difficult to get this book these days.So to say, I know what happen between Marja Parangjati before I start reading this.I felt a bit disappointed Imho, Ayu Utami did not describe the character well like what she did in the other books The character was there just enough to complete the story line.

    27. Jika kebetulan kebetulan terjadi terlalu banyak dan cocok satu sama lain, apakah kita tetap percaya bahwa itu adalah serangkaian kebetulan belaka Hal 18 Kalau menurut saya, kutipan di atas merupakan inti dari novel setebal 251 halaman ini Ada banyak kebetulan yang menautkan setiap peristiwa hal, jalin menjalin menjadi cerita misteri berbumbu dongeng nusantara dan peristiwa tahun 65.Kebetulan Marja dititipkan pacarnya, Sandhi Yuda pada Parang Jati yang akan mengikuti pelatihan panjat tebing denga [...]

    28. Manjali dan Cakrabirawa merupakan seri pertama dari Bilangan Fu, yang merupakan buku ke nol nya Jika Bilangan Fu lebih filosofis, Manjali dan Cakrabirawa lebih menonjolkan sisi roman dan kisah misterinya Manjali dan Cakrabirawa masih bertokohutamakan tiga orang sahabat Yuda, Marja dan Parang Jati yang masih hidup, ya, ini kisah saat mereka telah bersahabat dan kemudian terjadi cinta segitiga diantara mereka, namun kisahnya dapat diikuti meski belum membaca Bilangan Fu Bagi yang sudah menempuh pe [...]

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *